Loading...

Alat untuk membobol ATM

Pembobolan ATM dengan menggunakan alat ATM skimmer mulai marak beberapa waktu terakhir ini. Lalu bagaimana agar anda dapat terhindar dari kasus pembobolan ATM tersebut ?

Salah satu caranya adalah mengenali alat yang mereka gunakan. Dengan anda peduli, dan mau belajar sedikit mengenai alat yang mereka gunakan, anda dapat menghindari kemungkinan hilangnya uang dalam rekening anda akibat ATM skimmer.
Para pelaku tidak hanya menggunakan ATM skimmer, mereka juga menggunakan kamera kecil yang tersembunyi. Namun itu sebenarnya sudah kuno, karena ada pula pelaku profesional yang menggunakan keypad palsu.

Seperti apa sepak terjang mereka ? Silakan simak artikel berikut :
ATM Skimmer

ATM Skimmer merupakan sebuah alat yang berfungsi merekam data dalam kartu ATM anda agar bisa digandakan. Bentuknya dibuat sedemikian rupa, agar terkesan alat tersebut menjadi satu bagian dengan mesin ATM.
Harga alat ini hanya sekitar Rp. 5.000.000,- . Sungguh alat yang murah, karena jika pelaku berhasil membobol satu saja ATM nasabah, mereka sudah balik modal.
Namun ada juga yang menjualnya hanya sekitar Rp.2.000.000,-
Bagaimana bentuk ATM Skimmer dan mereka bisa mendapatkannya ?
Setelah mencari kesana kemari, saya menemukan beberapa penjual. Dan ada pula yang secara terang-terangan menjualnya.

http://magneticstripe.altervista.org/Atm_skimmer.htm">http://magneticstripe.altervista.org/Atm_skimmer.htm
keyboard1
Siapa yang menyangka ATM diatas telah dipasangi ATM Skimmer ?
Namun perlu diingat. ATM Skimmer tidak berkerja sendirian. Karena dia memerlukan asisten untuk memantau PIN kartu korban.
Proses pembobolan tidak akan berhasil jika pelaku tidak mengetahui PIN korban.

atm-skimmer

Spy Cam

Spy Cam merupakan kamera pengintai. Dimana kamera tersebut akan merekam PIN korban. Namun Spy Cam sangat mudah untuk dihindari. Pastikan anda selalu menghalangi jari-jemari anda ketika menekan PIN dimanapun dan kapanpun.
Siapa yang menyangka plat tambahan seperti gambar diatas merupakan sarang persembunyian alat-alat untuk melakukan pembobolan kartu ATM anda.
cam2

Keypad Palsu

Jika menggunakan Spy Cam masih dapat dihindari dengan menutupi jari anda, keypad palsu tidak mungkin bisa dihindari dengan cara itu.
Mengapa ?
Karena pelaku memasang keypad tambahan diatas keypad asli. Dan ini merupakan kombinasi yang sempurna dalam kasus pembobolan.

Siapa yang menyangka keypad pada mesin ATM pada gambar pertama diatas ternyata juga palsu.
keyboard2
Cara kerja Keypad palsu sangat sederhana. Pelaku meletakkan keypad tambahan yang mirip dengan keypad ATM tepat diatas keyboard ATM. Namun alat ini dapat merekam setiap tombol yang kita tekan.

Cara Menghindari Duplikasi Kartu ATM :

1. Pastikan tidak ada ATM Skimmer pada mulut ATM. Biasanya ATM Skimmer relatif mudah terlepas. Namun hati-hati, jangan sampai anda merasa sok tau, anda mengira itu ATM Skimmer, padahal itu merupakan mulut ATM asli. ATM Skimmer dilekatkan menggunakan isolasi bolak balik. Jika anda ragu, jangan melakukan transaksi pada mesin ATM tersebut.
Ada seorang yang tidak diketahui identitasnya, berhasil menemukan ATM Skimmer, dan melepasnya dari ATM berikut fotonya :
card-skimmer-front
card-skimmer-back
Begitu pula dengan keypad. Anda harus teliti memeriksanya sebelum melakukan transaksi.
2. Ganti PIN anda secara berkala.

3. Sebaiknya jangan menaruh telur pada satu wadah yang sama. Agar terhindar dari kemungkinan terburuk apapun, jangan letakkan uang anda pada satu bank. Bagi menjadi beberapa bank yang berbeda. Jadi ini akan menghindarkan anda dari pengurasan uang anda habis-habisan.
Kalau ingin aman, saya memiliki teori sederhana. Saya membagi menjadi dua macam rekening, REKENING PENYIMPANAN dan REKENING TRANSAKSI. Dimana saya tidak akan melakukan transaksi melalui rekening penyimpanan. Jika saya membutuhkan uang untuk membeli sesuatu, saya akan melakukan transfer dari rekening penyimpanan ke rekening transaksi menggunakan internet banking atau mobile banking. Jadi dengan kata lain, walaupun misalnya rekening transaksi dikuras habis, kerugian tidak akan besar, karena saldo disana hanya sebatas untuk transaksi saja. Sedangkan untuk penyimpanan utama tetap aman.
3. Anti ATM Skimming Device
Pada beberapa mesin ATM sudah dilengkapi dengan anti-ATM Skimmer. Yang berfungsi mendeteksi keberadaan ATM Skimmer.
Bila ada seseorang yang memasang ATM Skimmer, maka alat tersebut sensor alat tersebut akan aktif.
anti-skimmer
Namun tidak semua ATM telah dipasangi alat anti maling tersebut. Hanya sebagian kecil yang sudah menggunakan alat tersebut. Semoga dengan berkembangnya kasus ini, pemerintah bisa mewajibkan peralatan tersebut terpasang pada setiap mesin ATM.

sumber:http://rosyidi.com/alat-pembobol-atm/

0 comments:

Posting Komentar

 
TOP